Selasa, 07 Agustus 2012

CARA : CEK,MENGIRIM,MEMBALAS EMAIL

1.Pada URL web browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat buka situs dengan extention .com]
2.Masukkan account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkapnama.anda@gmail.com) masukkan password nya
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek list untuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet,jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda.
3.Tekan tombol sign in.
Cara mengirim mail/surat
Setelah kamu masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat ke teman/rekan kamu, caranya
1.Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com , teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2.Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan yang akan kamu sampaikan.
3.Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4.Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send. ( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu hapus , tekan discard)
5.Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda cek di bagian send
Cara membalas dan meneruskan mail yang anda terima
1.Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas
2.Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file attachment.
TIPS PENGELOLAAN MAIL.
1.Anda bisa member tanda star (bintang) pada mail-mail penting agar anda mudah untuk mencarinya di lain waktu.
2.Anda mungkin akan menerima mail spam, yaitu mail yang isinya terkadang tidak penting. Anda bisa menghapus mail spam ini dengan cara ketik hapus semua spam, bersih-bersih, hapus mail yang anda anggap tidak perlu agar kuota email anda tidak habis ( Tapi salah satu nilai tambah gmail adalah quotanya terus bertambah, saat ini 7 GB bisa dilihat waktu pertama kali anda mau log-in, jadi tidak perlu takut habis kuota)
3.Kamu dapat membuat label untuk mengelompokkan email yang masuk sesuai dengan kriteria, caranya buat label baru klik label ? create new, ketik nama label,contoh pekerjaanku. bisa beberapa label. Cara mengelompokkan email ke label ; tandai / check list pada email kemudian klik move to pilih label yang sudah kamu buat tapi. Guna label, selain memeprmudah kamu untuk membuka kembali email yang sejenis, bayangkan jika kamu sudah punya ribuan email, dan kamu ingin mencari beberapa mail tentang kerja, tentu lebih mudah jika kamu buka label pekerjaanku.

sumber :
http://ngenet.web.id/cara-dan-tips-mengelola-gmail.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar